Hubungi Kami

  • Telp : 1500 686
  • |
  • Email : cs@oto.co.id

Tidak Lagi Hybrid, Honda CR-V Akan Diproduksi Jadi Kendaraan Listrik Hidrogen

Otocoid, Jakarta – Eksistensi Honda CR-V sebagai model SUV Honda yang populer di banyak penjuru dunia membuatnya terus berevolusi baik dari segi fitur, teknologi hingga emisi. Kali ini, Honda CR-V baru saja diumumkan segera menjadi model pertama Honda yang hadir dengan bahan bakar hidrogen dan akan diproduksi mulai tahun 2024 di Amerika Serikat (AS).

 

Dirangkum dari keterangan resmi (5/1), Honda mengumumkan rencana evolusi Honda CH-R menjadi kendaraan berjenis Hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) alias kendaraan listrik berbasis hidrogen.

 

Keputusan ini sejalan dengan penerapan strategi ini yang akan dilakukan Honda yang menunjuk Amerika Serikat sebagai pusat pengembangan dan pabrik untuk kendaraan FCEV di Performance Manufacturing Center (PMC) dengan berlokasi di Ohio.

 

CR-V dipilih sebagai model pertama yang dikembangkan dengan bahan bakar hidrogen lantaran memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di AS.

 

Secara keseluruhan, strategi ini merupakan bagian dari upaya Honda mencapai zero emission pada 2050 mendatang. Namun upaya tersebut tak lepas dari peranan penting generasi keenam mobil ini yang selalu menjadi SUV terlaris dan model favorit konsumen Honda berkat keunggulan-keunggulannya.

 

Secara garis besar teknologi FCEV merupakan mesin kendaraan yang digerakkan oleh motor elektrik dengan memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Mirip mobil konvensional, kendaraan dengan teknologi FCEV memiliki sebuah tangki untuk menyimpan hidrogen. Kelebihan mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen ialah tak menghasilkan zat karbon dioksida atau emisi gas buang yang berbahaya.

 

“Honda menetapkan tujuan untuk mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050 di mana pada tahun 2040 kami berkeinginan untuk memiliki lini kendaraan bermotor listrik yang lengkap. Maka dari itu, kami mempercepat rencana kami untuk memproduksi baterai kendaraan listrik Honda di Amerika Serikat,” ujar Gary Robinson selaku Vice President of Auto Planning & Strategy for American Honda Motor Co., Inc.

 

Lain dari Amerika Serikat, di Indonesia sendiri Honda CR-V masih dihadirkan dalam versi mesin bensin konvensional dan dikabarkan segera tersedia dalam versi hybrid. Jika di Amerika Serikat Honda CR-V sudah melangkah jauh dari sekedar hybrid, maka artinya Honda semakin percaya diri dengan model ini. Maka demikian, kehadiran model CR-V hybrid di negara-negara tujuan berikutnya adalah peluang besar.

 

Lantas kapan kah Honda CR-V Hybrid akan diluncurkan di Indonesia? Untuk tahu jawabannya, simak terus informasinya di Oto.co.id




related news