Hubungi Kami

  • Telp : 1500 686
  • |
  • Email : cs@oto.co.id

Toyota Pastikan Sienta Tetap Dijual Meski Hengkang Dari Situs Resmi TAM

Otocoid, Jakarta – Produk MPV Toyota Sienta kini muncul dengan kabar mengejutkan. Mobil yang diniagakan secara ‘eksklusif’ melalui spot order ini mendadak hilang dari situs resmi Toyota Astra Motor (TAM). Fenomena ini spontan memunculkan pertanyaan apakah PT TAM akan menyudahi penjualan MPV model pintu geser tersebut.

 

Merespon hal tersebut, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT TAM menegaskan bahwa Sienta masih dijual. Kemudian menghilangnya Sienta di laman resmi TAM karena saat ini statusnya Spot Order atau harus dipesan dulu untuk kemudian diproduksi secara terbatas.

 

Menghilangnya Sienta dari situs resmi PT TAM juga banyak dikaitkan dengan kehadiran Sienta versi terbaru. Pasalnya, sejak meluncur tahun 2016 Sienta belum banyak berubah. Padahal, di beberapa negara seperti Jepang, Toyota Sienta sudah diperbarui secara signifikan dan mendapat respon pasar yang positif.

 

 

Meski demikian, di Indonesia senditi Sienta terbaru sudah terdaftar dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 33/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Desain Sienta yang didaftarkan di Indonesia ini sama persis dengan Sienta yang meluncur di Jepang pada Agustus 2022 lalu.

 

Toyota Sienta terbaru dibangun dengan platform TNGA versi GA-B. Meski begitu, dimensi Toyota Sienta tak berubah banyak dari model sebelumnya. Hanya tingginya bertambah 20 mm. Toyota Sienta terbaru memiliki panjang 4.260 mm x lebar 1.695 mm x tinggi 1.715 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

 

Sebagai MPV yang ditargetkan sebagai mobil keluarga, Toyota Sienta masih mengunggulkan fitur interiornya yang lapang. Instrumen panel terlihat ramping dan dibuat dari material fabric. Untuk menambah kenyamanan, Toyota menyematkan sunshade di sliding door Sienta. Ada juga sirkulator udara yang terpasang di atap mobil supaya sirkulasi udara lebih merata hingga kursi belakang.

 

Tinggi pintu belakang juga bertambah 15 mm dibandingkan model sebelumnya. Kapasitas bagasi pun bertambah tinggi 20 mm, sehingga memudahkan akses menaruh barang di belakang. Bahkan sepeda dengan ban berukuran 27 inchi saja bisa masuk dengan mudah di bagasi. Material fabric pada jok Sienta juga sudah dilapisi penghilang bau, anti air, minyak dan mudah dibersihkan.

 

Di Jepang, Toyota Sienta terbaru menghadirkan pilihan mesin bensin dan hybrid. Untuk tipe hybrid, Sienta dibekali mesin 1.5L M15A-FXE serta sistem hybrid yang lebih efisien dengan konsumsi BBM 28,8 km/liter. Pada tipe hybrid, Toyota juga menawarkan versi penggerak E-Four. Kemudian untuk tipe bensinnya, Sienta menggunakan mesin M15A-FKS 1.5L dan dipadukan dengan transmisi CVT 10 percepatan Sport Sequential Shitfmatic.

 

Sayangnya hingga saat ini pihak PT TAM belum memberikan keterangan atau kisi-kisi mengenai kemunculan Toyota Sienta terbaru di Indonesia. Namun, menghilangnya Toyota Sienta dari situs resmi ini juga bisa menjadi tanda awal jika kemudian hari PT TAM akan menggantinya dengan Sienta terbaru yang sudah terdaftar sejak tahun lalu.

 

Benarkah demikian? Simak terus informasi mengenai Toyota Sienta hanya di Oto.co.id

 




related news